Tentang Blog

Dian Dwi Jayanto

Blog ini merupakan kumpulan tulisan Dian Dwi Jayanto, alumni Ilmu Politik FISIP UNAIR (angkatan 2014). Sebelumnya ia mengenyam identitas sebagai santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang (2006-2014). Sekarang sedang menempuh pendidikan Pascasarjana Jurusan Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM (2018-sekarang).

Sebagian besar tulisan yang dimuat dalam blog ini merupakan catatan-catatan kuliah selama menempuh pendidikan S1 di UNAIR maupun S2 di UGM, baik berupa tugas-tugas kuliah, lomba-lomba menulis yang pernah diikuti, maupun tulisan-tulisan yang telah dimuat di beberapa media cetak dan media online. Selain itu juga tulisan-tulisan yang sudah ada dan hanya memenuhi folder di laptop serta tulisan-tulisan yang dibuat khusus untuk blog ini. Bagi beberapa tulisan yang dimuat di beberapa media online, penulis hanya mencantumkan tautan untuk dibuka di media yang penulis titipi tulisan.

Pembuatan blog didorong oleh beberapa tujuan. Pertama, sebagai usaha untuk mengumpulkan berbagai tulisan penulis yang tercerai berai, serta untuk mengamankannya melalui internet (laptop penulis pernah rusak dan banyak tulisan yang tidak ada salinannya, sehingga penulis kehilangan banyak tulisan). Selain itu untuk untuk mengecek, mengoreksi dan menelaah kembali perkembangan pemikiran dan tulisan penulis dari waktu ke waktu. Kedua, mengembangkan kreatifitas dalam hal jurnalistik.

Ketiga, siapa tahu tulisan yang ada dalam wordpress ini bisa bermanfaat bagi orang lain. Sebuah kata populer (saya lupa baca dimana) mengatakan, “menulis adalah berbagi”. Keempat, upaya penulis mengikuti denyut nadi perkembangan teknologi informasi yang kini sudah tidak lagi satu arah, namun setiap orang bisa menjadi produsen, konsumen atau produsen dan konsumen sekaligus (kalau kata-kata ini penulis dapat dari Prof Ariel Heryanto) dalam jagat dunia maya. Penulis ingin ikut terlibat bukan hanya menjadi konsumen semata, namun juga produsen dalam pertarungan pemikiran melalui jagat dunia maya.

Terakhir, penulis menerima berbagai kritik tanpa saran, saran tanpa kritik serta kritik dan saran sekaligus terhadap blog maupun konten-konten dalam blog ini (bisa melalui kontak yang disediakan).

Surabaya, 07 Maret 2018

Hormat Penulis,

Dian Dwi Jayanto

Iklan