Tafsir Islam Nusantara dan Dilema-dilema yang Turut Mengitarinya (Bagian 1-2)

Sumber Gambar: Berpijar.co

“Dalam “Lampiran Khittah Islam Nusantara”, Kiai Ma’ruf menegaskan bahwa “seolah-olah ada anggapan bahwa Islam Nusantara adalah hal baru… Islam Nusantara memang baru dideklarasikan. Namun, sebagai pemikiran, gerakan, dan tindakan, Islam Nusantara bukanlah hal yang baru. Islam Nusantara adalah adalah Islam Ahlussunah Waljamaah al-Nahdliyah”.

Penjelasan di atas cukup jelas bagaimana sebenarnya makhluk yang bernama Islam Nusantara tersebut. Pertama, meskipun Islam Nusantara merupakan jargon yang baru belakangan nyaring disuarakan, sebenarnya konsep itu bukan sesuatu yang baru. Islam Nusantara adalah paham, praktek keagamaan, gerakan dan amaliyah NU (al-Nahdliyah) dengan menggunakan penamaan baru. Jadi, sebenarnya meskipun diberi label baru, Islam Nusantara sebenarnya adalah NU itu sendiri”

Selengkapnya

Jayanto, Dian Dwi. 2018. “Tafsir Islam Nusantara dan Dilema-dilema yang Turut Mengitarinya (Bagian 1-2)”. Berpijar.co, 24/07/2018, https://berpijar.co/tafsir-islam-nusantara-dan-dilema-dilema-yang-turut-mengitarinya-bagian-1-2/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s