Suara Politik NU Tidak Solid!

Pada setiap perhelatan menjelang Pemilu, baik tingkat lokal hingga nasional, sosok kiai senantiasa “laris” untuk didatangi para politisi. Bahkan, pada banyak kondisi, para kiai dan sekumpulan kiai menjadi tim pemenangan Parpol maupun kandidat tertentu.

Buku karya Endang Turmudi (2004) dengan judul “Perselingkuhan Kiai dan Kekuasaan” dapat membantu kita memahami tentang peranan kiai-kiai NU baik dari segi sosial hingga sepak terjangnya di Politik. Buku yang berawal dari sebuah penelitian tersebut berusaha untuk mengungkap gambaran bagaimana “kepemimpinan kiai secara umum dengan memusatkan perhatian pada aspek-aspek kultural dan politik kepemimpinan mereka”. Hal yang patut dikemukan dari temuan Endang Turmudi adalah bagaimana kekuatan otoritas sub-sub sistem di dalam NU (kiai-kiai pengasuh pesantren, mursyid tarekat dan lain-lain) melampaui otoritas NU secara struktural dalam hal legitimasi moral keagamaan atas warganya sebagai lembaga yang lebih besar untuk menjamah masyakat secara struktur.

Hal ini pasti tidak terlepas dari faktor ikatan historis dan ingatan psikologis bahwa jauh sebelum NU berdiri, masyarakat sudah memiliki kepatuhan luar biasa kepada para kiai yang memegang pondok maupun kepada mursyid yang menjadi pembimbing spiritual mereka dalam tarekat. Penjelasan di atas mengantarkan kita memahami mengapa warga NU susah solid dalam menjelang suksesi kepemimpinan politik.

Alasan lain adalah khittah NU yang menjadi sumber dari legitimasi keagamaan bagi para kiai untuk tidak berada dalam satu Parpol, serta landasan moral keagamaan warga NU untuk tidak selalu kompak mendukung kandidat tertentu, meskipun kandidat tersebut adalah tokoh besar NU sendiri.

Selengkapnya https://m.youtube.com/watch?v=nc_7dKDqG5k&t=153s

Iklan

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s